hakikat perencanaan pembelajaran
KONSEP HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.Pengertian Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran adalah proses penetapan dan pemanfaatan sumber daya secara terpadu yang diharapkan dapat menunjang kegiatan-kegiatan dan upaya-upaya yang akan dilaksanakan secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan.
Menurut Kaufman dalam jurnal Bachari (2010) mengemukakan bahwa "perencanaan adalah suatu proyeksi (pekerjaan)tentang apa yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan da bernilai.
Selanjutnya pandangan para ahli mengenai perencanaan pembelajaran.
Ibrahim (1993)mengatakan bahwa"secara garis besar perencanaan pembelajaran menyangkut kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dipakai untuk menilai pencarian tujuan tersebut, materi-bahan apa yang akan disampaikan,bagaimana cara menyampaikannya,serta alat atau media apa yang diperlukan.
Pendapat lain dikemukakan oleh Banghart dan Trull (Sagala:2003) yang menyatakan bahwa "perencanaan pembelajaran adalah awal dar semua proses yang rasional,da mengandung sifat optimisme yang didasarkan. Atas kepercayaan bahwa akan dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam konteks pembelajaran.perencanaan pembelajaran diartikan sebagai proses penyusunan mata pembelajaran,penggunaan media pembelajaran,penggunaan pendekatan atau metode pembelajaran,dalam suatu lokasi waktu yang yang dilaksanakan pada masa satu semester yang akan kamu untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Berdasarkan beberapa pemahaman diatas dapat di simpul bahwa perencanaan pembelajaran adalah suatu rangkaian yang saling berkaitan atau berhubungan dan saling menunjang antara berbagai unsur atau komponen yang ada dalam pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran selanjutnya dituangkan dalam model pembelajaran(instructional design).desain pembelajaran diperoleh dari sebuah proses sebelumnya yang terpisah,mere adalah perencanaan da desain pembelajaran.tiap proses Didalam nya mengandung sejumlah kegiatan, misalnya tentang identifikasi h belajar,alat penilaian da strategi pembelajaran yangvdigunakan.tentu yangvdigunakan.tentu tahapan tersebut jug dipertimbangkan keuntungan yang akan diperoleh guru dalam upaya meraih kualitas pembelajaran dengan memperhatikan keterbatasan diri dan lingkungan belajar yang ada. Dari kedua proses tersebut dihasilkan model desain p yang dibuat dari da untuk guru yang melaksanakan pembelajaran tersebut.
Secara rinci kegiatan yang dilakukan guru pada tahap awal adalah melakukan desain terhadap pembelajaran yang akan dilakukan.langkah awal dalam desain adalah perencanaan,diman perencanaan tersebut dilakukan berdasarkan apa yang akan dialami oleh guru. Perencanaan merupakan langkah penting yan akan membawa banyak fungsi.
Peran yang sangat penting adalah mentrasnfer kurikulum dalam pembelajaran di dalam kelas.kurikulum sekolah sekolah berupa kurikulum yang dikembangkan regional (district) atau nasional.sementara kurikulum sekolah diharapkan dapat menunjuk pada siswa tentang pengetahuan dan keterampilan yang akan didapatkan selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan penerjemahan pengembangan isi kurikulum yang telah dilakukan dalam pengembangan kurikulum
2. Model Pengembangan Kurikulum
Model adalah barang atau benda tiruan dari benda sessungguhnya,dalam konteks untuk mengkongkritkan sebuah proses,desain model dapat diartikan sebagai kerangka konsentrasi yang digunakan sebagai pedang dalam melakukan sesuatu kegiatan.dengan demikian yang dimaksud dengan model pengembangan kurikulum adalah kerangka konsentrasi yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan kurikulum untuk mencapai tujuan belajar tentu sehingga ia berfungsi sebagai pedang bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam.merencanakan.melaksanakan dan mengevaluasi proses pengembangan kurikulum.
Jadi dapat disimpulkan bahwa model pengembangan kurikulum memiliki kesamaan dalam tahapan yang di lakukan,isi kurikulum diimplementasikan dalam perencanaan pembelajaran untuk melahirkan model pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar